BELAJAR BARENG IMAM SYAFIIE GURU SMKN 1 ROBATAL

Jumat, 19 Juni 2020

Mengajar Apa Belajar


Mengajar ialah membimbing siswa dalam aktivitas belajar & mengajar atau dengan kata lain bahwa mengajar adalah suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik yang mana bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar (Usman 1994:3). Belajar merupakan tahap perubahan perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut bersifat positif dalam arti berorientasi ke arah yang lebih maju dari pada keadaan sebelumnya (Syah 2008).
Dari penjelasan diatas sangat sulit untuk kita sebagai seorang pengajar untuk mengajar dalam kondisi saat ini dimana pemerintah menerapkan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang disebabkan oleh wabah Covid-19. Untuk pengajar IT mungkin akan mudah melaksanakan PJJ ini karena sudah terbiasa mengoperasikan perangkat lunak dan  berkomunikasi melalui dunia maya, tapi bagi pengajar lainnya apalagi yang sudah berumur dan terbiasa menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi kepada siswa akan menjadi kendala dalam melaksanakan PJJ apalagi sudah gagap teknologi. 
Dampak Covid-19 sangat signifikan didunia pendidikan, banyak keluhan yang terlontar baik dari siswa maupun dari guru/pengajar. Ini dunia baru di sektor pendidikan yang harus dilaksanakan untuk menyelesaikan program yg sudah ada, entah dari sisi mana untuk memulainya. 
Dengan keadaan yang memaksa seorang pengajar harus memulai kegiatan belajar mengajar dimana mereka yang awam dengan teknologi harus belajar terlebih dulu media yang harus digunakan dan ini membutuhkan waktu untuk bisa menguasai media tersebut, ambil gampangnya saja rata-rata seorang pengajar menggunakan aplikasi wa grup untuk berinteraksi dengan siswa yang mana aplikasi ini sangat familier dengan masyarakat saat ini.
Banyak kendala yang dihadapi pengajar dimana ada atau banyak dari siswa tidak memiliki sarana pendukung seperti HP yg bisa dipakai aplikasi wa untuk mendapatkan materi dari pengajar, permasalahan datang lagi bingung solusi apa yang bisa mengatasi keadaan seperti ini.
Dengan berjalannya waktu pendidik dan peserta didik sudah mulai terbiasa dengan PJJ dimana banyak macam media yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan pembelajarannya diantaranya beru Blog Guru.

2 komentar: