BELAJAR BARENG IMAM SYAFIIE GURU SMKN 1 ROBATAL

Selasa, 13 Oktober 2020

PENGGUNAAN BLOG PADA PEMBELAJARAN PRODUKTIF


PENGGUNAAN BLOG PADA PEMBELAJARAN PRODUKTIF

Tahun 2020 yang ditunggu oleh masyarakat ternyata tidak seperti yang dibayangkan, memasuki awal tahun masyarakat dan khusunya Dunia Pendidikan sangat antusias untuk menjalaninya seperti biasanya tanpa ada pikiran yang aneh atau perasaan tidak nyaman. Akan tetapi pada bulan maret masyarakat di Dunia dikejutkan dengan adanya Virus Corona yang dikenal Covid-19 yang sangat mematikan, awalnya masyarakat tenang tapi dari berita dan informasi yang ada disurat kabar, televisi ataupun di sosial media bahwa setiap hari banyak korban berjatuhan dan meninggal. 
Masyarakat mulai takut dan resah sehingga dalam dunia pendidikan juga bingun akhirnya diputuskan bahwa pendidikan di indonesia menggunakan metode daring (dalam jaringan) atau online dan bisa dikatakan belajar dan mengajar dari rumah. Akhirnya dampaknya sangat signifikan terhadap dunia pendidikan dimana guru dan siswa terkendala masalah teknologi atau IT, dimana siswa bingung tidak memiliki fasilitas untuk mendukung Belajar Dari Rumah (BDR) karena tidak memiliki HP atau punya HP tapi tidak bisa digunakan untuk membuka Google dan hanya HP biasa. Bukan hanya siswa tapi Guru juga bingung karena banyak guru yang masih belum bisa IT ada mengoperasikan media yang berupa Online sehingga Guru masih belajar terlebih dahulu utuk mengajar jarak jauh, media yang digunakan bermacam - macam variasi diantaranya : Grup WA, Web, Google Classroom, Blog, Quizizz dan lainnya. Pendidikan diharapkan dapat menyiapkan peserta didik untuk mampu mengembangkan diri mereka menjadi masyarakat yang berbudaya, dengan cara menciptakan atmosfer pendidikan yang mendukung dan proses pembelajaran yang kreatif yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang mencerahkan. Namun untuk mencapai hal tersebut berbagai kendala dihadapi terutama kendala waktu dan tempat. Kendala waktu dan tempat ini masih merupakan salah satu kendala yang sangat nyata, yang dapat diatasi melalui metode pembelajaran dengan sistem PJJ. Dalam sistem PJJ peserta didik dapat meningkatkan kemampuan melalui suatu pendidikan formal maupun non formal, sambil tetap menjalankan tugas mereka sehari-hari sehingga arternatif yang digunakan adalah Blog untuk melaksanakan Belajar Jarak Jauh.

Blog digunakan oleh para pengajar untuk melihat sejauh mana siswa dalam belajar. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung revolusi pembelajaran 4.0, sehingga siswa memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar. Guru yang mengajar pasti memilki bank soal. Sehingga Blog ini dapat digunakan sebagai sarana menyimpan soal dan untuk kemudian dianalisis soal tersebut sehingga mampu menjadi soal yang valid,  dan memiliki daya beda serta tingkat kesukaran yang baik. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar